15 Mei 2024



Purwakarta
– Senin (6/5) SMP-MTs Al-Muhajirin Purwakarta Kampus Pusat mengadakan kegiatan tes Psikologis yang dilaksanakan di Ruang Kelas. Kegiatan ini menghadirkan Lembaga EDPLANERS Bandung yang berjumlah 8 orang. Dan diikuti oleh peserta didik kelas 7 SMP-MTs Al-Muhajirin Purwakarta Kampus Pusat yang berjumlah 226 Siswa.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan di SMP-MTs Al-Muhajirin Purwakarta Kampus Pusat. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengukur dan mengetahui perkembangan dan kemampuan anak, kepribadian anak, bakat dan minat serta sebagai media untuk guru mata pelajaran dan berbagai kegiatan sekolah agar menyelesaikan kemampuan masing-masing anak sesuai tes hasil psikologi yang dilaksanakan.

Tes ini terdiri dari 5 aspek yaitu: 

1. CFIT (Culture Fair Intelegent Test / Tes IQ)

2. TPA (Tes Potensi Akademik)

3. DISC Behavior (Kepribadian)

4. SPK (Skala Pemetaan Karir)

5. Identifikasi gaya belajar

Manfaat dari tes psikologi yaitu: pemahaman siswa lebih baik, pembelajaran yang sesuai, pengembangan program bimbingan dan konseling, pemantauan perkembangan dan pengelolaan kelas yang lebih baik.



"Mudah-mudahan hasil psikologi ini dapat membantu guru untuk bisa memetakan anak didiknya supaya diberi pelayanan dalam pembelajaran, karna setiap anak mempunyai kemampuan, gaya belajar, daya tangkap, IQ, dan kepribadian yang berbeda".Ujar Dessy Setiawati, S.Pd. selaku guru BK.


"Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan semangat dalam pengisian soal tes psikologisnya". Tambah Dessy.

"Mudah-mudahan tes psikologi yang diadakan ini bermanfaat untuk anak-anakku semuanya." ujar H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I. selaku Kepala Sekolah SMP-MTs Al-Muhajirin.

"Terima kasih kepada Ibu Dessy Setiawati, S.Pd. yang sudah bekerja keras demi kelancaran tes psikologi ini." tambah H. Amit.


(RW)

0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts