06 Maret 2024


PurwakartaSelasa (5/3) SMP –MTs Al-Muhajirin Purwakarta kampus pusat mengikuti kegiatan Workshop menulis cerpen bersama editor buku pastel books, yang bertempat di Aula Ummi pondok pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Kampus Pusat. Kegiatan ini dibuka oleh wakil kepala sekolah Asep Anang Apandi, S.Pd.I. Dihadiri oleh guru-guru dan siswa/siswi kelas 9 SMP-MTs Al-Muhajirin Purwakarta Kampus Pusat. Dan menghadirkan narasumber dari Gramedia.

Jumlah siswa yang hadir mengikuti workshop yaitu 209 orang. Tujuan diadakan workshop menulis cerpen adalah untuk melatih kreativitas siswa/siswi menjadi lebih aktif, menuangkan ide/gagasan, mengembangkan bakat dan minat dalam menulis dan kemampuan berliterasi menjadi lebih baik.

Menulis adalah aktivitas pengekspresian ide, gagasan, pikran atau perasaan ke dalam lambang-lambang kebahasaan. Cerpen (cerita pendek) biasanya memiliki jumlah kata yang tidak kurang dari 1.000 kata dan tidak lebih dari 2.000 kata. Unsur-unsur intrinsik cerpen yaitu: tema, latar, alur, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amant. Unsur-unsur ektrinsiknya yaitu: latar belakang masyarakat, latar belakang penulis, dan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen.

“Literasi numerasi merupakan pintu gerbang untuk menjelajahi dunia, maka anak-anak harus bersyukur dengan adanya workshop menulis, dan harus ada hasil dari acara kegiatan ini” ujar Asep Anang Apandi,S.Pd.I. selaku wakil kepala sekolah SMP-MTs Al-Muhajirin Purwakarta kampus pusat.

“Menulis merupakan ilmu yang sangat besar karna dengan menulis kita harus membaca. Maka pesan untuk anak-anak ku harus menyimak dan memahami apa yang narasumber berikan kepada kalian supaya kalian menjadi bisa dengan mudah menulis karna dengan menulis kita bisa menuangkan ide/gagasan dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang yang membutuhkan”.tambah Asep Anang.

(RW)


0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts