30 Maret 2024


Purwakarta –Rabu (27/3), peserta didik SMP Al-Muhajirin kampus pusat mengikuti kegiatan “ Makin Cakep Digital Segmen Komunitas Jawa Barat Tahun 2024 dengan tema Jangan Asal Klik dan Waspada Link Phising “ yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting di Aula UMMI dan Aula Al Biru Al-Muhajirin Kampus Pusat Purwakarta, dan diikuti oleh peserta didik kelas 7, 8 dan 9.

Kegiatan ini dihadiri oleh narasumber Etika Digital Dr. H. Purwanto, M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, narasumber Aman Digital Rizky Adi Nugroho selaku Prodcaster dan Enterepreneur , narasumber Aman Digital Virna Lim selaku Chairwomen of @sobatcyberid.

Phising merupakan upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi ( nama, usia , alamat ), data akun ( username dan password ), dan data Finansial ( Informasai kartu kredit dan Rekening ).

“ kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan peserta didik mengenai hak dan tanggung jawab di ruang digital, karena dengan literasi digital kita dapat memahami cara memanfaatkan media digital dengan baik agar tidak merugikan orang lain”. Ujar Vivih Triani, S.Pd. selaku penanggung jawab literasi di lingkungan SMP Al-Muhajirin Purwakarta.

“ Berhati-hati sebelum klik tautan ketika kalian menerima pesan dari orang yang tidak dikenal, lebih baik untuk memeriksa format file terlebih dahulu ,memeriksa link yang diterima apakah memang berasal dari situs resmi atau tidak, dan tidak sembarangan membuka link atau tautan yang dikimkan “ Ucap H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I. selaku Kepala Sekolah SMP Al-Muhajirin Kampus Pusat Purwakarta.

(RW)


0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts