08 Maret 2024


PurwakartaRabu (6/3), peserta didik SMP-MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat kelas 9 mengikuti kegiatan outing class goes to Kampung Tajur yang beralamat di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Yang di dampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru SMP- MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat. 

"Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengenalkan kepada anak-anak tentang budaya kampung adat yang ada di daerah Jawa Barat tepatnya di daerah Kampung Tajur" ujar Maulaa Nuransari S.Pd.

Kegiatan ini mengenalkan anak-anak tentang berbagai macam kearifal lokal seperti rumah tradisional dan alat-alat tradisional ( lisung halu), cara berburu menggunakan tombak, panah dan ketapel ,dan permainan anak-anak seperti enggrang dan bakiak panjang, tentang pembuatan air lahang dari pohon aren dan tentang tata cara menam padi dan mengambil ikan di empang.

"semoga anak-anak senang dengan outing class ini dan semoga anak-anak dapat dengan sungguh-sungguh memahami berbagai jenis pengetahuan tradisional baik itu tentang rumahnya, barang-barangnya, permainannya ataupun dengan tata cara pembuatannya" tambah Maulaa.



"Alhamdulillah hari ini peserta didik kelas 9 hari ini mengikuti outing class ke Kampung Tajur. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta mengetahui dan memahami budaya adat sunda." ujar H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I. selaku Kepala Sekolah SMP-MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat.

"Budaya adat sunda yang dimaksud di antaranya, cara berburu, cara memainkan permainan tradisional, cara menanam padi, dan cara mempertahankan budaya sunda tersebut agar tidak hilang atau tidak tergantikan di era globalisasi dan digitalisasi." tambah H. Amit.


(RW)

0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts