24 Februari 2023

 


Purwakarta – Sabtu (18/02) SMP-MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat mengadakan kegiatan Festival Syiar-Syair dalam rangka Milad dan Haul Pondok Pesantren Al-Muhajirin yang ke-30. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Prof (HC). DrKH. Abun Bunyamin, MA.Ketua Yayasan Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.I, Kepala Sekolah SMP-MTs Al-Muhajirin H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I, guru-guru dan seluruh siswa-siswi SMP-MTs Al-Muhajirin. Kegiatan ini diadakan di lapangan Al-Mukhtar.

Syiar-syair adalah salah satu program tahunan SMP-MTs Al-Muhajirin dalam rangka silaturahmi dan juga ajang promosi. Lomba tahun ini adalah yang ke-3 sejak pertama kali diadakan dan pertama kali diadakan secara offline karena tahun pertama dan kedua diadakan secara online. Lomba ini diikuti oleh 180 peserta yang berasal dari Subang, Karawang, Bekasi, Purwakarta, Cikampek dan Bandung Barat.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu “sebagai ajang pengembangan bakat da’i-da’i cilik dan juga untuk mensyiarkan seni musik islami baik hadroh, marawis ataupun qosidah yang diharapkan bisa melahirkan da’i cilik yang hebat, seniman cilik islami yang berbakat yang dikemudian hari bisa menjadi agen-agen perubahan untuk kebaikan lewat syiarnya maupun syairnya”. Ujar Dodi Hermawan S.S sebagai ketua lomba.

“SMP-MTs Al-Muhajirin saat ini berjumlah 720 orang dan semua siswa-siswi wajib mondok. Dan kegiatan belajarnya mengikuti kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Ada 3 program unggulan, yang pertama kelas takhosus tahfidz, dimana siswa-siswi dibimbing membaca dan menghafal Al-Qur’an secara intensif sehingga hafal 10 sampai 15 Juz selama 3 tahun, yang ke 2 kelas takhosus kitab dimana siswa/i belajar intensif kitab sehingga akan menguasai beberapa kitab yang disiapkan, yang ke 3 kelas bilingual atau kelas Bahasa”. Ujar H. Amit Saeful Malik, M.Pd.I.

“Tujuan pendidikan di Al-Muhajirin yaitu untuk membentuk santri-santri ahli sunah waljamaah. Tidak akan terjadi kekhawatiran dari orang tua dan masyarakat adanya perbedaan antara orang tua dan anak-anak dalam beribadah”. Ujar Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M.Pd.I.

“Program syiar-syair ini merupakan cerminan tentang bagaimana SMP-MTs Al-Muhajirin ini melaksanakan program pembelajarannya. Diharapkan setelah ini dakwah semakin dinamis. Santri juga pada akhirnya selain bisa menjadi pendakwah juga bisa menjadi seorang entrepreneur dan mempunyai keseimbangan dalam berfikir dan berbuat sebagai ahli sunah waljamaah.” Ujar Hj. Ifa dalam sambutannya.

“pendidikan ala pesantren benar-benar diakui oleh masyarakan karena bukan hanya teori tetapi juga praktek yang dikembangkan. Pendidikan akhlak sangat diprioritaskan. Nabi Muhammad SAW diutus ke bumi ini untuk memperbaiki akhlak. Sebanyak apapun ilmu tidak akan ada yang tahu karena tersembunyi tetapi akhlak sangat nampak kebenarannya. Apalagi akhlak sebagai pemimpin sangat besar pengaruhnya oleh karena itu kita harus sering mendo’akan para pemimpin”. Ujar Syaikhuna Prof (HC). Dr. KH. Abun Bunyamin, MA dalam tausiyahnya.

 

RW

0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts