Selasa, 01 Februari 2022


 

Purwakarta – Senin (13/12), sejumlah 61 orang santri takhosus tahfizh MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat mengikuti kegiatan Tasmi Al-Qur’an. Terdiri dari 18 orang santri kelas 7, 23 orang santri kelas 8, dan 20 orang santri kelas 9. Kegiatan Tasmi Al-Quran dilaksanakan mulai tanggal 8 Desember sampai 16 Desember 2021. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengevaluasi dan menguji hafalan santri selama belajar di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Kampus Pusat.

 

Upaya yang diterapkan oleh para pembimbing sebelum kegiatan Tasmi dilaksanakan yakni para pembimbing menggunakan beberapa metode pengajaran hafalan, di antaranya dibuat partner untuk sambung ayat tiap pertemuan, Tasmi hafalan tiap hari Senin dan Jumat untuk yang telah mendapatkan hafalan tambahan 1 juz, dan membuat game MHQ dengan diberikan rewards.

 

“Tujuan Tasmi Al-Qur’an ini yaitu untuk mengevaluasi dan menguji diri santri dalam hafalannya,” ujar Siti Jubaedah Nursyamsi, S.Pd. selaku koordinator Tahfizh.

 

“Harapan saya, khususnya untuk santri putri semoga hafalannya lancar,  mentalnya lebih berani, percaya dirinya lebih terasah, dan bisa mengukur sejauh mana harus meningkatkan semangat muroja'ah. Selain itu, untuk santri putra semoga selalu istiqomah dan jangan patah semangat dalam muroja'ah.” tambah Siti Jubaedah.

 

Selain Siti Jubaedah Nursyamsi, S.Pd., Kamiludin selaku pembimbing tahfizh pun menyuarakan pendapatnya mengenai kegiatan ini.

 

“Untuk pelaksanaannya, saat santri mendapatkan giliran untuk menghafal ayat suci Al-Qur’an saya videocall ke orang tua masing-masing dan melaporkan hasil penilaian yang saya dapatkan, dengan harapan orang tua mengetahui kualitas hafalan santri,” ucap Kamil.

 

“Saya berharap kegiatan Tasmi ini bisa menjadi program bulanan dan event sakral yang sangat dinantikan oleh para santri.” tambah Kamil.

 

“Kegiatan Tasmi ini sangat bermanfaat bagi santri dalam mengasah sejauh mana kemampuan hafalannya, dan menjadi koreksi diri untuk menjadi lebih baik lagi, tentunya lebih istiqomah dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an,” ujar H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I. selaku Kepala MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada koordinator tahfizh Ustadzah Siti Jubaedah, S.Pd. dan para pembimbing yang dengan sabar membimbing santri-santri sholeh sholehah sehingga mampu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an,” ucap H. Amit.

 

“Tak lupa, Bapak ucapkan terima kasih dan selamat kepada anak-anakku penghafal Al-Qur’an. Semoga kalian istiqomah, dan ilmu yang didapat berguna bagi kehidupan kalian di masa yang akan datang. Kalian adalah anak-anak terpilih yang akan menjadi investasi bagi orang tua kalian di akhirat kelak.” tambah H. Amit saat ditemui di ruang guru MTs Al-Muhajirin Kampus Pusat.

 

 

(AMS)

0 komentar:

Posting Komentar

PSB 2020 - 2021

Popular Posts