Senin, 10 Mei 2021

 



 

Judul Buku      : 101 DIALOG Tentang Zahir Batin Wudhu

Pengarang       : Asep Ilyas

Penerbit Press  : CV Pustakaki Press

Tahun terbit     : 2018

Tebal Halaman  : 171,15cm x 20 cm

ISBN               : 978-602-53508-7-0

=====================================

Buku 101 DIALOG Tentang Zahir Batin Wudhu adalah buku kumpulan tanya jawab diambil dari berbagai sumber kitab karangan ulama besar Ahlu Sunah Wal-Jama’ah dan buku-buku otoritatif (Al-Kutub Al-Muta’tabarah). Buku ini pula mengupas permasalahan fiqih thaharah, bagaimana pembentukan karakter diri, jadikan diri hidup sehat, selamat, tenteram serta cerahkan bagian dalam dan bagian luar diri Anda.

 

Banyak khasiat dan keutamaan wudhu ditemukan, di masa pandemi global dengan mewabahnya virus corona yang diberitakan di China dan berbagai negara membuat para tokoh kepentingan khususnya di Indonesia mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga hidup bersih. Salah satunya adalah dengan menerapkan instruksi Menteri Agama Republik Indonesia No. 01 tahun 2021 tentang sosialisasi penerapan 5M, di antaranya sering mencuci tangan dengan sabun atau _handsanitizer_ untuk mencegah terjadinya penularan penyakit, termasuk virus corona.

Namun sejatinya, soal menjaga kebersihan, Islam telah mengajarkan umatnya sejak 14 abad silam untuk selalu menjaga kebersihan, bukan hanya bersih zhahir tapi lebih dari itu bersih batin. Misalnya, dengan melakukan wudhu yang jumlahnya minimal lima kali dalam sehari. Wudhu juga sebagai salah satu bentuk menjaga kebersihan, contohnya menjaga dan mencegah penularan penyakit Covid-19 yang belum selesai sekarang ini.

 

Salah satu tokoh besar, Muhammad Salim menjelaskan, “Orang rajin berwudhu dengan melakukan istinsyaq dan Istintsar (mengeluarkan air dari hidung) kemudian melanjutkan dengan mendirikan shalat, maka hal itu akan menghilangkan 11 kuman penyakit membahayakan yang ada di dalam lubang hidung, terutama dalam hal gangguan rongga pernafasan, radang paru-paru, panas, rematik, penyakit rongga hidung, dan lain-lain. Sebaliknya, orang yang tidak berwudhu, akan lebih mudah terkena penyakit gangguan pernafasan.”

 

Banyak khasiat dan keutamaan wudhu dari hasil testimoni yang ditemukan lalu dikemukakan dalam buku ini. Begitu juga muslim dan muslimah mempraktikkan ibadah wudhu zhahir dan bathin warisan Nabi saw. Hanya saja belum semua bisa mengamalkan secara istiqamah, istimrariyah, mudawwamah apa itu wudhu zhahir dan wudhu bathin.

           Wudhu adalah pembuka gerbang surga;

           Wudhu merupakan penyebab dihapusnya dosa;

           Wudhu yang sempurna ialah syarat diterimanya ibadah ritual;

           Wudhu membuat wajah berbinar-binar kelak di akhirat;

           Wudhu dapat mempersatukan kita dengan para suhada-shalihin;

           Wudhu menjadi penarik kaya rezeki (ilmu, harta, hati, dan sehat);

           Wudhu sebagai kunci keselamatan hidup dunia sampai akhirat;

           Wudhu menjadi obat bagi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit;

           Wudhu menjadikan pribadi yang  berkualitas dan percaya diri;

           Wudhu dapat membentuk karakter kepribadian seseorang;

           Wudhu menjadikan Anda berpengaruh bagi orang lain;

           Wudhu membuka hati mudah mendapat ilmu Nafi’;

           Wudhu menampakkan aura kharismatik.

“Bersama wudhu yang terjaga, hidup Anda akan nyaman dan tenteram serta penuh makna.”


0 komentar:

Posting Komentar

PSB 2020 - 2021

Popular Posts