31 Oktober 2020

Suasana saat Pembinaan dari Pengawas MTs H. Mamat Ruhimat, M.Pd.I

Purwakarta – Selasa (27/10), 17 orang guru madrasah di lingkungan MTs Al-Muhajirin mengikuti pembinaan dari pengawas pembina MTs H. Mamat Ruhimat, M.Pd.I. Pembinaan ini dilaksanakan di ruang perkuliahan STAI Al-Muhajirin. Guru yang hadir merupakan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, staf Tata Usaha, guru mata pelajaran, dan guru Bimbingan Konseling. Dalam pembinaan ini, pengawas MTs membahas tentang kegiatan AKG, AKK, dan PKKM.

“Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di MTs Al-Muhajirin yang berada di lingkungan Pondok Pesantren dilaksnakan secara luring dengan kurikulum darurat di tengah pandemi hanya  dua orang guru setiap harinya,” ujar H. Amit Saepul Malik, M.Pd.I selaku kepala MTs Al-Muhajirin.

H. Amit juga menyampaikan bahwa MTs Al-Muhajirin sudah mendaftarkan peserta AKG sebanyak tiga orang guru, dan pelaksanaan KSMO sebanyak tiga siswa mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS

“Selain itu, MTs Al-Muhajirin juga sudah mendaftarkan tiga orang guru untuk mengikuti AKG dan tiga orang siswa dalam pelaksanaan KSMO,” tambah H. Amit dalam sambutannya.

H. Mamat Ruhimat, M.Pd.I menyampaikan beberapa point mengenai AKG, AKK, dan PKKM dalam pembinaan tersebut.

“AKG ini bertujuan untuk mengukur kompetensi guru madrasah,” ujar H. Mamat.

“Kompetensi guru ada empat, yang pertama pedagogik, kedua kepribadian, ketiga sosial, dan keempat professional. Namun, biasanya hanya kompetensi pedagogik dan professional saja yang diujikan,” lanjut H. Mamat.

H. Mamat berpesan agar para guru berlatih mengerjakan soal untuk persiapan AKG yang akan dilaksanakan bulan November mendatang.

“Selain itu juga, untuk supervisi bagian kurikulum harus mempersiapkan administrasi pembelajaran (bukti fisik), dan praktik pembelajaran (lapangan),” ujar H. Mamat.

“Setiap wakil kepala madrasah harus mempersiapkan segala administrasi yang berhubungan dengan tugasnya masing-masing, serta bukti fisiknya. Minimal foto di setiap kegiatan,” tambah H. Mamat.

Kegiatan AKG, AKK, dan PKKM ini merupakan kerja sama dari semua komponen yang terdapat di lingkungan madrasah. Untuk hasil yang baik, semua komponen harus mempersiapkan segala administrasinya.

 

(AMS)

0 comments:

Posting Komentar

PSB 2024/2025

Popular Posts