Jumat, 23 Agustus 2019


Seyogyanya Kata Imam Nawawi seorang guru harus memiliki akhlak terpuji, mempunyai sifat yang disukai Allah seperti zuhud terhadap dunia, tidak membangga-banggakan  harta dan orangnya, pemurah dan tidak bakhil, berkarakter mulia, bermuka cerah, tidak emosional, penyabar, bebas dari  pekerjaan yang rendah, selalu waro' atau apik dalam berbicara.

khusyu hatinya tenang jiwanya, rendah perasaannya, tidak banyak tertawa dan senda gurau, tekun mengamalkan adab-adaban dalam Islam seperti membersihkan kotoran di tubuh, merawat rambut dengan baik, merapihkan kumis, menyisir jenggot, memotong kuku, menghindari bau badan, bau baju apa lagi bau busuk hatinya, seperti sifat hasud, riya, ujub, menyepelekan orang lain walaupun umurnya lebih muda.


Ketika menjadi guru hendaknya memberlakukan murid itu seperti anak sendiri, bersikap lembut dan kasih sayang, selalu membimbing untuk kemaslahatan masa depan mereka, bersikap toleransi dalam membimbingnya, memberi semangat dalam belajarnya, sabar bila mereka nakal, memberi peringatan bila mereka melanggar. Intinya harus mencintai kepada murid seperti kita mencintai diri kita sendiri.

Sabda Rasul"orang-orang akan mengikuti kalian, mereka akan datang dari berbagai penjuru dunia untuk mendalami agama, jika mereka datang kepada kalian bimbinglah mereka dengan baik"

Untuk itu buat guru harus belajar terus mendalami agama, biar ilmu kita luas dan mendalam serta memadai buat memenuhi hajat umat.

Penulis : Dr. KH. Abun Bunyamin, MA
Pimpinan PP. Al-Muhajirin Wakil Rais Syuriah PWNU Jabar

0 komentar:

Posting Komentar

PSB 2020 - 2021

Popular Posts