Senin, 07 Oktober 2019


Silaturahmi Wali Santri dan Keluarga Besar SMI 1-3 Al Muhajirin merupakan salahsatu agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali, bertepatan dengan pembagian raport Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester baik semester ganjil ataupun genap. pertemuan  pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Oktober 2019 yang diperuntukan untuk wali santri kelas 8 dan 9, sedangkan pertemuan wali santri kelas 7 baru akan dilaksanakan pada hari minggu 14 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Ummi Pondok Pesantren Al Muhajirin. 

Acara silaturahmi wali santri  kelas 8 dan 9 ini menjadi ajang show santri-santri bertalenta. Hal ini dapat terlihat dari rundown acara yang disusun Sakira dan Siyori yang bertugas sebagai master of Ceremony (MC). Pukul  07.30 grup hadroh Syubanul Muhajirin mulai memanjakan  Wali Santri yang mulai berdatangan dengan lantunan lagu-lagu religi seperti lagu Ahmad Ya Habibi yang populer dinyanyikan oleh Nissa Sabyan, kemudian lagu Yaa Lal Wathan buah karya K.H. Wahab Hasbullah dan  Addinu Lana salah satu lagu trending youtube yang dinyanyikan aktor film The Santri, Gus Azmi. Grup hadroh yang mengidolakan Habib syech ini beranggotakan 12 orang. Vokalis Aldi, Hafidz, Sahrul, Galih dan Paalih, Rebana dipegang oleh Thoriq, Raafi Ahmad, Rafly dan Ihsan. Bas, Tamtam dan Darbuka dimainkan oleh Gentar, Raafi Haikal dan Faqih Izzudin. Penampilan selanjutnya setelah selesai hadroh, adalah Nasyid SMI 1-3 dengan personil, Yumi Barokah, Maura Rizki, Najela dan sikembar Mutiara Sela Seli. Lagu yang mereka bawakan adalah sholawat (akapela) dan lagu yang lagi hits dinyanyikan Agnes Kamaleng, Hanya Rindu. 

Setelah selesai penampilan selamat datang dari grup hadroh dan Nasyid SMI 1-3 Al Muhajirin, Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, Syakira dan Siyori, Pembacaan Tawasul oleh Raihan Alviansyah, Sholawat oleh grup Hadroh Ahbabul Qolbi, dan sambutan dari Bapak kepala Sekolah Bapak Enang Sutiana, S.Pd, Sambutan oleh Ibu Ketua Yayasan DR. Hj. Ifa Faizah Rahmah, M.Pd. Beliau menegaskan tentang pentingnya pendidikan sopan santun bagi para santri. Beliau mengatakan  "Al Adabu Muqoddamun 'Ala Ilmi", selain itu beliau juga menjelaskan tentang pentingnya pendidikan kemandirian bagi santri . 

Acara Kemudian dilanjutkan dengan Tausiyah Bapak Kiyai Pimpinan Pondok Pesantren Al Muhajirin Bapak DR. KH. Abun Bunyamin, M.A. Diantara Tausiyah yang beliau sampaikan adalah 
Malaikat tidak lebih Mulya dari Nabi Adam, Nabi Adam lebih Mulya karena Ilmu. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang pentingnya keikhlasan dalam mendidik anak, beliau mengungkapkan " Keikhlasan menjadi kekuatan bagi kita". Selain itu beliau menjelaskan tentang makna taqwa, " Taqwa itu terdiri dari 4 huruf  Ta bermakna Tawadhu, Qof bermakna Qona'ah, Wa bermakna Wara' dan Ya bermakna Yakin kepada Alloh SWT. 

 Selesai tausiyah Bapak Kiyai, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Kelas Kitab, Najwa Yulia yang membahas Kitab Ta'lim dengan detail, tidak hanya membahas kandungan kitab ta'lim tentang pentingnya cara-cara dalam belajar tapi juga dikupas dari segi nahwu shorofnya. Penampilan selanjutnya yaitu dari kelas tahfidz yang dibawakan oleh Julfi, Riska, Nadia, Ajrina, Najwa Hanim dan Khodijah. dan acara ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh saudara Febrian. Acarapun selesai dan semua wali santri dipersilahkan untuk memasuki kelas untuk pengambilan raport Penilaian Tengah Semester. 


0 komentar:

Posting Komentar

PSB 2020 - 2021

Popular Posts